Monday, April 9, 2018

7 MACAM MAKANAN LEZAT INI HAMPIR PUNAH


        -CONTERPEDIA- Sejak zaman dulu makanan lezat sudah ada di berbagai belahan dunia,setiap negara juga pasti mempunyai macam makanan lezat.

Namun seiring perkembangan zaman dan inovasi masakan, ada beberapa makanan yang kini semakin langka, bahkan dianggap bakal musnah ditelan zaman. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang karena bahan bakunya susah didapat dan resepnya malas untuk diulik kembali oleh pecinta kuliner zaman sekarang.

Berikut ini 5 macam makanan lezat yang kini sudah langak atau terancam punah : 

1. Ortolan.

Ortolan adalah sejenis burung penyanyi dengan postur kecil dari genus Emberiza. Sejak dulu burung ini biasa dijadikan bahan masakan mewah di Prancis namun kini populasinya menurun drastis.Selain langka, proses pengolahan hidangan dari ortolan juga dianggap kontroversial. Burung yang sudah ditangkap dikurung di dalam kandang yang tertutup rapat, kemudian diberi makan berlebihan agar berat badannya naik dalam waktu singkat. Setelah itu, ortolan ditenggelamkan di dalam armagnac, sejenis minuman keras hingga mati dan dimasak selama delapan menit.

2. Lemang periuk kera

Dari namanya saja mungkin kamu sudah merasa penasaran, kan? Tapi jangan bayangkan ada kera sungguhan di dalam makanan ini ya.Lemang periuk kera ini adalah makanan asli Malaysia yang sebenarnya tak jauh beda dengan salah satu kuliner Indonesia, lemang atau ketan kukus. Makanan ini biasanya dibungkus menggunakan daun pisang atau daun kelapa, namun 'kantong semar'nya disebut dengan periuk kera.

3. Su Filindeu

Su Filindeu adalah pasta paling langka di dunia. Para chef dunia menyebut teknik pembuatannya sangat susah dan konon katanya sampai kini cuma ada tiga wanita asal Nuoro, Italia yang pernah sukses membuatnya.Selain bahan bakunya sudah susah dikumpulkan, untuk membuat Su Filindeu harus membutuhkan kesabaran ekstra bagi sang juru masaknya. Adonan semolina gandum harus dibuat menjadi benang-benang halus, kemudian disusun menjadi tiga lapis pasta yang terdiri dari 256 helaian.

4. Keju ambaree

Keju ambaree ini termasuk makanan langka yang terkenal di dunia. Keju ini berasal dari Lebanon, yang resep pembuatannya diwariskan secara turun-temurun di kota Baalbek dan dijajakan hingga ke Beirut.Ambaree dibuat di gentong-gentong tanah liat. Bahan baku susu disimpan di dalam gentong selama berbulan-bulan sampai air dan dadihnya terpisah. Kemudian air dialirkan melalui lubang di bagian bawah gentong. Kemudian gentong itu diisi susu dan garam seminggu dua kali sampai menjadi keju yang memenuhi leher wadah.

5. Kolak ayam


Nah, kalau ini makanan tradisional yang lezat asli Tanah Air. Tapi jangan bayangin ada pisangnya ya, mentang-mentang ada kata 'kolak'nya.Kolak ayam ini adalah kuliner kuno khas Gresik yang citarasanya gurih dan segar. Disebut makanan langka karena kolak ayam cuma disajikan di Desa Gumeno pada 22-23 Ramadan.

6. Otoro tuna sirip biru

Otoro tuna sirip biru tergolong makanan langka Jepang karena bahan bakunya adalah spesies ikan yang terancam punah. Konon katanya sashimi otoro tuna sirip biru adalah santapan mewah bagi para jutawan.Toro merupakan bagian berlemak pada perut ikan tuna. Bagian ini populer sebagai bahan sushi atau sashimi di Jepang. Bagian paling berlemak yang disebut otoro biasanya dihargai paling mahal, karena dianggap paling lezat. Apalagi jika diambil dari perut tuna sirip biru yang harganya selangit.

7. Jersey black butter

Jersey black butter adalah kuliner dari Inggris yang semakin langka ditemukan. Selai lezat ini berwarna hitam pekat.Dibuat dari apel, sari buah, gula, licorice, dan kayu manis, proses pembuatannya sebenarnya tak terlalu sulit meski harus memakan waktu lama. Idealnya adonan selai harus diaduk selama 24 hingga 30 jam hingga mencapai kekentalan yang pas. Karena itulah kini tak banyak rumah tangga Inggris yang mempertahankan tradisi membuat black butter ini.

Itulah 7 macam makanan lezat di dunia yang sekarang sudah hampir punah.(A.O)

No comments:

Post a Comment