Monday, April 9, 2018

Kelebihan Buah Jambu Dan Daun Buah Jambu



Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang memiliki manfaat untuk penyembuhan beberapa penyakit. Pamornya terkenal karena khasiat buah dan daunya yang paling mujarab dalam menyembuhkan penyakit demam berdarah (DBD) . Fungsinya untuk menambah trombosit penderita DBD yang biasanya menurun hingga di bawah batas normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan air rebusan jambu biji pada penderita DBD, bisa menaikkan jumlah trombosit penderita sampai 100.000/mm3 dalam tenggang waktu sekitar 16 jam.

Di dalam daun jambu biji juga terkandung enzim quercetin yang berfungsi untuk menghambat terbentuknya enzim mRNA yang ada di dalam virus DBD. Oleh karena itu, daun jambu biji ampuh untuk mematikan virus DBD dan juga menambah cairan tubuh yang hilang. Jenis buah dan daun jambu biji yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit demam berdarah adalah jambu biji merah dan jambu biji putih.

Alangkah lebih baik lagi, bila yang dikonsumsi itu bukan hanya sekadar buahnya saja, melainkan daunnya juga yang bisa dijadikan jus.

Caranya: Ambil 5 lembar daun jambu biji, cuci bersih, lalu rebus dalam satu panci sedang. Biarkan air surut hingga tinggal 1/3 bagiannya saja. Setelah itu, minumkan pada si penderita DBD sesering mungkin misalnya 2-3 jam sekali.

Selain berkhasiat sebagai obat hebal DBD, jambu biji juga terbukti ampuh melawan penyakit demam, batuk, hipertensi, sembelit, mabuk perjalanan, dan diare.

(KL)

No comments:

Post a Comment