Friday, April 6, 2018

5 CARA AMPUH BEBASKAN WANITA DARI MENSTRUASI YANG MENYAKITKAN


Conterpedia - Sering kali wanita mengeluh sakit yang begitu menyakitkan di bagian perut hingga pinggang tidak nyaman. Bisa membuat anda uring-uringan saat mengalami kram menstruasi,kalau dapat sindiran pasti rasanya ingin marah.

Sudah wajar memang jika wanita mengalami masalah itu.Efeknya bisa membuat tubuh menjadi lemas,pucat,nyeri di bagian pinggang dan perut,dan beberapa efek lainnya.
Siklus ini di alami akibat perubahan ovarium dan bagian rahim dari perubahan ini lapisan rahim yang mempersiapkan diri untuk menerima embrio.

Zat kimia ini berhubungan dengan ketidaknyamanan selama menstruasi. Mereka menstimulasi kontraksi otot-otot uterus. Sementara itu, otot yang tidak nyaman bisa memicu kram dari sebuah hasil kontraksi yang menyakitkan.

Otot-otot ini menekan pembuluh darah. Ketika tekanan ini berlanjut, suplai oksigen diputus ke uterus. Kurangnya oksigen menyebabkan rasa sakit dan kram. Kram bisa menimbulkan ketidaknyamanan sampai rasa sakit yang parah. Mereka biasanya terkonsentrasi ke bagian belakang dan perut.

Lima cara ini bisa membantu anda untuk aktivitas dan nyaman kembali.

Kompres dengan botol air hangat
Meletakkan botol yang diisi air hangat dapat membantu mengendurkan otot rahim yang kram. Tempelkan di bagian perut bawah sambil sedikit ditekan. Cara ini bisa membantu meredakan nyeri menstruasi yang menyakitkan dan menjadi sedikit nyaman.

Makan bergizi
Cobalah mengonsumsi makanan kaya serat, vitamin, zat besi, dan asam lemak omega-3. Makanan yang disarankan seperti pepaya, almond, biji labu, brokoli, beras merah, sayuran hijau, ikan, dan ayam. Makanan itu harus setiap hari dikonsumsi karena bisa mencegah risiko penyakit.

Minum jamu
Jamu herbal mengandung senyawa anti-peradangan, yang bisa meredakan nyeri akibat kram. sehingga meningkatkan siklus normal kontraksi otot uterus. Selain jamu, Anda juga bisa minum wedang jahe dan air rebusan biji adas di saat menjelang menstruasi.

Hindari beberapa makanan
Sebaiknya hindari makanan yang menyebabkan retensi air atau perut kembung. Makanan dan minuman yang harus dihindari yakni mengandung soda, kafein, makanan berlemak, makanan dengan garam berlebihan dan alkohol. Jika Anda mengonsumsinya ada efek kram yang menyakitkan.

Pijat
Kram menstruasi bisa terjadi akibat aktivitas yang melelahkan atau pikiran sedang tidak rileks. Maka cara untuk meredakannya yakni bisa pijat untuk merelaksasi tubuh. Pijat yang dilakukan selama 15 menit, terutama di bagian perut, punggung dan bagian lainnya bisa mengurangi kram hingga 90%. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun agar khasiatnya melembutkan kulit.


                                                                                                                                             "FR"

No comments:

Post a Comment