ConterPedia - Saat berbisnis memang ada saja hambatannya salah satunya adalah masalah modal. Tetapi tahukah anda bila permasalahan yang menghambat dalam suatu bisnis bukan hanya itu saja, tetapi hambatan kemajuan dalam suatu bisnis bisa datang dari lingkungan internal bisnis kita maupun dari luar. Salah satu yang sangat penting adalah kepuasan dari pelanggan. Jadi, suatu bisnis yang bagus tidak hanya bergantung dari jumlah modal yang di gelontorkan. Tetapi suatu bisnis juga bisa berjalan dengan lancar apabila pelanggan atau customer yang kita layani puas.
Suatu roda bisnis akan terganggu bila tingkat ketidakpuasan pelanggan sudah tinggi dan terlebih lagi sudah tersebar ke media sosial.
Jadi intinya, setiap bisnis harus menjadikan pelayanan konsumen sebagai prioritas dan tidak bisa di tawar lagi. Ingat, konsumen merupakan raja. Jadi, jika Anda ingin membangun suatu bisnis yang besar, berikut dua hal sederhana namun sangat efektif yang dapat anda lakukan segera:
1. Cepat Menanggapi Apabila Ada Respon Negatif Dari Konsumen
Dalam bisnis setiap pengusaha pasti pernah melakukan kesalahan pada pelanggan. Tetapi selama Anda mampu dengan cepat menunjukkan pengertian terhadap kekecewaan konsumen tersebut, maka itu sudah cukup menunjukkan tanggungjawab yang Anda miliki.
Terlebih lagi bila Anda berjanji untuk memperbaiki dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Para konsumen akan mengerti kesalahan yang telah terjadi dan akan dengan cepat memaafkan Anda. Lebih cepat Anda menanggapi maka lebih baik, sebelum konsumen Anda terlanjur mencurahkan keluhannya dan ketidakpuasannya di media sosial yang tentu saja akan menggangu bisnis anda.
2. Pelayanan Yang Tetap Ramah Pada Konsumen
Sama seperti Anda jatuh cinta, kesan pertama itu sangat penting. Tunjukkan bila Anda adalah penjual yang profesional dan bisa dipercaya. Gunakanlah bahasa formal namun ramah saat merespons tanggapan negatif dari konsumen Anda.
Jika Anda ingin membangun bisnis dan bisa bertahan lama, Anda harus bisa mengubah ketidakpuasan pelanggan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Fokuslah untuk memberi layanan terbaik bagi konsumen.
Memenangkan hati dari pelanggan memang tidak akan mendatangkan untung besar dalam waktu satu malam. Namun itu dapat menjaga bisnis Anda tetap segar dan berjalan dalam jangka panjang.
(CC)
No comments:
Post a Comment