Friday, April 6, 2018

Cara Mengetahui Tentang Kerontokan Rambut



CONTERPEDIA -

Hampir semua orang, khususnya kaum wanita rambut sebuah mahkota bagi dirinya. Maka dari itu, apabila terjadi masalah kerontokan rambut akan menjadi masalah yang besar bagi dirinya.

Nah, apa aja yang harus kita ketahui soal rambut yang rontok? Dikutip dari Pop Sugar, Sharon Wong, dokter spesialis rambut dan kulit kepala memberi informasi untuk hal ini dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Penyebab rambut rontok

Sharon mengatakan bahwa penyebab yang paling sering ditemui rambut rontok dan penipisan, pada wanita ataupun pria adalah genetik dan masalah umum lain.

Tetapi, wanita dapat mengalami rambut rontok karena fluktuasi hormonal, seperti pasca kehamilan, menopause, memulai atau menghentikan beberapa bentuk kontrasepsi, dan ketidakseimbangan hormon yang mendasar seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Selain itu, paparan sinar matahari hingga bahan kimia berlebih bisa menyebabkan pelapukan, rambut patah, dan rambut rontok.

Sharon menekankan pentingnya menyadari bahwa beberapa orang mempunyai lebih dari satu penyebab rambut rontok atau penipisan dalam satu waktu.

2. Berapa banyak rambut hilang sehingga dikelompokan sebagai rambut yang rontok?

Kita sering melihat rambut yang jatuh helai demi helai saat sedang berkeramas di kamar mandi. Jangan takut. itu adalah hal yang sudah umum.

Sharon mengatakan selama kita hidup, rambut terus-menerus mengalami siklus pertumbuhan berulang dan kerontokan. Masing-masing orang memiliki jumlah rambut rontok berbeda setiap harinya sebegai bagian dari siklus normal folikel rambut.

Hal tersebut tergantung pada jumlah folikel rambut di kulit kepala kita. Normalnya, seseorang bisa mengalami kerontokan rambut setiap hari sekitar 100-150 helai rambut.

Tetapi, Sharon mengatakan hal itu menjadi masalah jika bersama dengan pengurangan volume dan penipisan.

3. Apakah seseorang mungkin mengalami kerontokan berlebih dibandingkan yang lain?

Ada banyak mitos seputar rambu rontok, seperti “Itu diwariskan dari kakek dari ibu" atau "hanya diteruskan ke pria."

Perlu dicatat, semakin dekat genetiknya, maka resikonya pun besar, dan itu bisa terjadi pada setiap anggota keluarga.

4. Apa yang harus dilakukan jika mulai merasa mengalami rambut rontok? 

Minimalkan kerusakan dari faktor eksternal dengan mengurangi frekuensi dan tingkat paparan panas dan bahan kimia misalnya mencatok rambut, mewarnai dan lainnya.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendeteksi serta mengatasi penyebab utama rambut rontok.

Jika didiagnosa mengalami rambut rontok, pertimbangkan untuk menggunakan minoxidil sebagai solusi, lalu terapkan ke daerah yang mengalami rambut rontok sekali di malam hari.

5. Apakah disarankan menghentikan mewarnai rambut?

Ya. Kendati mewarnai rambut tidak secara langsung menyebabkan kerontokan rambut, tapi hal itu dapat secara signifikan merusak lapisan kutikula pelindung, membuat rambut kusam dan keriting, dan mudah patah.


(UM)

No comments:

Post a Comment