Sunday, April 8, 2018

GITARIS DUNIA YANG MEMLIKI SKILL DEWA


          -CONTERPEDIA- Bicara soal musik, pastinya juga tidak lepas dari para sosok gitaris yang namanya sudah sangat melegenda dalam perjalanan sejarah musik dunia. Para gitaris tersebut memiliki jalan hidup dan sisi kreatifitasnya masing-masing tentunya, namun ada beberapa di antaranya yang memang mendapatkan pengakuan khusus sebagai gitaris dengan sklill bermain gitar yang luar biasa.

Berikut bisa anda simak daftar para gitaris legendaris yang mendapat pengakuan sebagai gitaris dengan skill tingkat dewa tersebut :

Jimmy Page – Led Zeppelin

Beliau dilahirkan dengan nama lengkap James Patrick Page, Jr. pada tanggal 9 Januari tahun 1944, tepatnya di kota Heston, Inggris. Permainan gitar Jimmy terilhami oleh seorang gitaris bernama Scotty Moore dan juga James Burton, di mana kedua gitaris itu terlibat dalam proses rekaman beberapa lagu milik Elvis Presley. Lagu miliki Elvis Presley yang berjudul “Baby Let’s Play House” telah membuat Jimmy berniat untuk mendalami instrument gitar semenjak dia berusia 13 tahun. Pada saat dia masih remaja, Jimmy tergabung dalam sebuah band (tercatat sebagai band pertamanya) yang bernama Neil Christian & the Crusaders.

Jimi Hendrix - Jimi Hendrix Experience

Rasanya tidak sah jika bicara soal skill bermain gitar, namun tidak membicarakan sang legendaris yang satu ini, yaitu Jimi Hendrix. Bukan sebuah hal yang mengherankan memang jika sang dewa gitar ini masuk ke dalam jajaran gitaris dunia yang memiliki skill tingkat dewa. Lepas dari kehidupan Jimi yang penuh kontroversi, sosok Jimi Hendrix memang patut diakui sebagai pemain gitar yang berkarakter serta mampu membuat para penikmatnya menjadi tercengang.

Robert Johnson

Terlahir dengan nama Robert Leroy Johnson, dia lahir di Hazlehurst, Mississippi. Namun, Robert meninggal pada usia yang sangat muda, yaitu pada umur 27 tahun. Terlepas dari kematiannya yang sangat muda itu, Robert dikenal sebagai seorang pemain gitar handal, juga seorang penulis lagu, dan seorang penyanyi dengan aliran blues murni. Rekaman beberapa lagunya tercatat dalam sejarah, dan sangat dikenang sampai detik ini. Pada rekaman yang dibuat pada tahun 1936 dan tahun 1937 itu, Robert telah memerlihatkan skill dan kemampuannya dalam menggabungkan teknik menyanyi dan memainkan gitar. 

Eddie Van Halen – Van Halen

Gitaris handal selanjutnya bernama Edward Lodewijk van Halen, yang dilahirkan di kota Nijmegen, Belanda, pada tanggal 26 Januari tahun 1955. Saat ini sang dewa gitar masih hidup, dan berusia umur 64 tahun. Eddie adalah gitaris dari grup rock Amerika papan atas bernama Van Halen. Eddie Van Halen juga terkenal sebagai pemain instrumen gitar listrik yang mempunyai banyak sekali inovasi dalam memainkan gitarnya. Grup rock Van Halen sudah mulai populer di dunia sejak era tahun 1980-an.

B.B. King'

BB King, adalah salah satu musisi beraliran blues murni. King masih sangat dikenang dan dijadikan panutan hingga saat ini, karena dia berhasil mendefinisikan genre blues selama kurang lebih tujuh dekade. King juga telah terlanjur menginspirasi banyak musisi dunia lainnya, yang sudah tidak bisa terhitung jumlahnya, itu berkat keunikannya dalam memainkan instrumen gitar. (A.O)

No comments:

Post a Comment