Friday, April 6, 2018

INI DIA TIPS PENDAKI GUNUNG BAGI PEMULA


          -CONTERPEDIA-Mendaki gunung adalah kegiatan fisik yang sangat baik untuk kesehatan. Ini merupakan bentuk latihan di mana ketika kita menikmati tantangan juga harus mengeluarkan energi yang besar pada saat yang sama. Efek dari olahraga juga akan meningkatkan kekuatan tubuh dan daya tahan.

Saya akan bagi-bagi tips mendaki gunung untuk pemula yang harus di lakukan agar bisa sampai puncak.Oke langsung saja ke tips mendaki gunung bagi pemula :

1.Ajak teman teman
Untuk pemula sangat penting untuk mengajak teman teman , karena untuk mendaki gunung kita harus berkelompok.Di larang untuk mendaki sendirian karena berbahaya.

2.Manfaatkan gadget
Kalian harus tahukan gunung apa yang di daki,gadget untuk browsing sangatlah penting untuk mendaki gunung agar kalian tahu karakteristik gunung tujuan kalian.

3.Minta saran kepada orang yang sering mendaki gunung
Ini sangat penting minta pendapat kepada orang yang sudah tidak pemula lagi,Jikalau punya teman, saudara, atau kerabat yang selalu naik gunung maka bisa langsung ditanyakan kepada mereka.

4.Siapkan fisik dan peralatan logistik
Untuk mendaki gunung harus mempunyai fisik yang sehat dan stamina yang mencukupi.Karena di dalam gunung mempunyai cuaca yang sangat dingin maka dari itu siapkan mental dan perlengkapan untuk menahan dingin.

5.Melapor ke warga setempat saat hendak mendaki
Melapor dan bayar Simaksilah ketika hendak mendaki gunung kepada pihak pengelola (basecamp pendakian) taman nasional setempat.Karena jika ada apa apa sat pendakian maka tim SAR akan segera memberi pertolongan kepada kalian.

6.Minta izin kepada orang tua 
Izin kepada orang tua sangat dibutuhkan ketika kita hendak naik gunung.Dengan adanya izin dari orang tua maka mereka sudah tahu di mana anaknya dan apa yang di lakukan anaknya.

7.Diusahakan tidak mengeluh
Mengeluh dalam perjalanan mendaki merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan.Dengan mengeluh akan mempengaruhi psikis dalam diri kita dan bisa berimbas pada tubuh.Dalam proses pendakian sebaiknya jangan mengeluh walaupun dalam keadaan seperti apapun,alangkah baiknya menyemangati diri sendiri dan selalu ceria agar perjalan mendaki gunung mu tidak terasa semakain berat dan yang pasti mengasyikan.

8.Jangan malu untuk meinta isti rahat jika capek
Sebagai pendaki pemula pastinya kemampuan dalam mendaki tidak seperti merekan yang sudah terbiasa,maka kamu tidak perlu malu berkata capek dan minta untuk berhenti sejenak. Daripada di paksakan malah tidak baik.

Mungkin itu tips mendaki gunung bagi pemula yang bisa saya sampaikan. Selamat mendaki dan jangan lupa berdoa agar selamat sampai tujuan.(A.O)

No comments:

Post a Comment