Thursday, April 5, 2018

Jenis Buah-Buahan Yang Dapat Mencegah Dehidrasi



Conterpedia - Dehidrasi merupakan dimana kondisi tubuh kehilangan lebih banyak cairan dari pada yang di dapatkan, sehingga menyebabkan  keseimbangan kadar gula-garam dalam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Maka untuk menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari dehidrasi sangatlah penting. Karena jika tubuh kita telah mengalami dehidrasi maka dampak yang kita rasakan seperti : kelelahan, keram otot, sakit kepala dan lain-lain.

Maka dari untuk menjegah tubuh dari dehidrasi sebaiknya kita mengkonsumsi air putih yang cukup atau juga bisa menambahkannya dengan memakan buah-buahan. Banyak jenis buah-buahan yang dapat kita konsumsi sebagai pencegah dehidrasi.
berikut ini adalah 5 jenis buah-buahan yang dapat mencegah dehidrasi pada tubuh.

1. Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah-buahan yang dapat membantu mencegah dehidrasi, karena stroberi merupakan jenis buah-buahan yang banyak mengandung kadar air di dalamnya. Apabila kita dapat mengkonsumsi stroberi secara rutin maka bisa sedikit mengurangi terjadinya dehidrasi. Selain bisa di konsumsi secara langsung kita bisa menggantinya dengan menjadi jus atau merubahnya menjadi yogurt.

2. Belimbing

Sama dengan stroberi buah belimbing juga salah satu jenis buahan-buahan yang banyak mengandung kadar air hampir 91% kadungan air yang terdapat di buah ini. Buah-buahan ini juga dapat mencegah tubuh agar terhindar dari dehidrasi dan dapat membuat jantung menjadi lebih sehat jika kita bisa mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan. Akan tetapi bagi para penderita penyakit ginjal mengkonsumsi buah belimbing sangatlah tidak di benarkan sebab kadar asan oksalatnya yang tinggi.

3. Timun

Timun merupakan buah-buahan yang mengandung banyak air didalamnya dan terdapat 95% kadar air. Timun juga Vitamin C, Kalium, dan Asam Kafeik yang dapat membuat tubuh terhindar dari ancaman dehidrasi. Timun juga bagus untuk dikonsumsi saat kita sedang menjalankan program diet karena kita bisa mengkonsumsinya dengan cara memakannya langsung atau di campurkan ke dalam salad dan juga membuatnya menjadi jus.

4. Semangka

Selain beberapa buah tersebut, semangka juga menjadi salah satu jenis buah-buahan yang banyak mengandung air di dalamnya karena semangka sendiri mengandung air hampir 91%. Maka apabila kita dapat mengkonsumsi semangka secara  cukup dan tidak berlebihan, buah semangka juga bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat mencegah dehidrasi. Sebab buah ini banyak mengandung air dan dapat mengenyangkan kodisi tubuh kita. Selain itu semangka juga bisa mengurangi terjadinya kerusakan oksidatif pada sel atau juga baik dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung dan diabetes dengan catatan harus mengkonsumsinya secara cukup dan tidak berlebihan.

5. Blewah

Buah segar lainnya yang dapat mencegah dehidrasi adalah buah blewah karena buah ini banynak mengandung kadar air hampir 90% dan kaya akan Vitamin A dan C. Selain dapat mencegah dari dehidrasi mengkonsumsi blewah juga bisa membantu menurunkan berat badan kita sebab buah ini mempunyai kandungan yang rendah gula dan kalori. Akan tetapi kita harus mengkonsumsinya secukupnya saja dan tidak boleh berlebihan.

Itulah kelima jenis buah-buahan yang mudah di tumakan  dan dapat kita konsumsi untuk mencegah diri dari dehidrasi. Akan tetapi hampir semua jenis buah-buahan sangatlah baik bagi kesehatan tubuh. Tetapi untuk menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan harus mengatur pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang baik dan sehat juga. Tetapi hal yang paling penting untuk mencegah tubuh agar terhindar dari dehidrasi sebaiknya kita harus selalu mengkonsumsi air putih secukupnya dalam satu hari. (ML)

No comments:

Post a Comment