Sunday, April 8, 2018

Manfat Dari Mengkonsumsi Kopi Untuk Kesehatan Hati



Conterpedia - Kopi adalah salah satu jenis minuman yang saat ini banyak di sukai oleh seluruh kalangan masyarakat. Kopi dahulunya merupakan minuman yang sangat indentik dengan kaum peria, akan tetapi seiring berjalannya waktu kopi saat ini  sudah menjadi minuman yang banyak di gemari oleh kaum wanita juga.

Namun dari beberapa hasil penelitan yang pernah dilakukan ternyata kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh manusia khususnya bagian hati. Berikut ini adalah ulasan tentang manfaat kopi bagi kesehatan hati manusia sebagai berikut :

1. Sirosis

Sirosis adalah salah satu jenis penyakit hati yang sangat membahyakan manusia karena penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Akan tetapi menurut sebuah penelitian yang mengahsilkan bahwa meminun 2 gelas kopi dalam satu hari ternayata dapat menurunkan faktor resiko penyakit sirosis mencapai 44% - 57%.

2. Kanker Hati

Satu lagi manfaat yang di temukan dari mengkonsumi kopi adalah dapat mencegah kanker hati. Karena menurut beberapa hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa apabila kita meminum kopi sebanyak 3-4 gelas dalam satu hari dalam jangka waktu 1 sampai 2 tahun maka akan daapat menurunkan resiko penyakit kanker hati.

3. Penyakit Hati Kronis

Meminum kopi juga dikatakan dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit hati kronis. Karena menurut hasil penelitian yang mengatakan bahwa terdapat hubungan antara meminum kopi dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada orang yang mengidap penyakit hati kronis. Maka apabila kita dapat meminum 1-2 gelas kopi dalam sehari akan dapat menurunkan akngai fibrosis hati.

Akan tetapi kesehatan tubuh kita bukan hanya dengan mengkonsumsi kopi saja karena kita juga menjaga pola hidup yang sehat dan juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat juga. Karena tidak semua jenis kopi baik buat kesehatan hati karena sebuah penelitian menyebutkan bahwa hanya kopi yang difilter memiliki manfaat perlindungan untuk hati, sedangkan kopi jenis esspresso tenyata tidak memiliki manfaat untuk kesehatan.
Demikianlah ulasan tentang manfaat kopi untuk kehetan hati. (ML)

No comments:

Post a Comment