Saturday, April 7, 2018

Mengkonsumsi Air Putih Dapat Mencegah Penyakit Jantung



CONTERPEDIA - Sudah banyak pakar kesehatan ternama yang menyarankan pola makan sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Meski begitu, ternyata ada satu hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah agar tidak terserang penyakit jantung dengan banyak mengkonsumsi air putih.

Percaya atau tidak, kebiasaan sederhana seperti ini tanpa kita sadari dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Semakin kita jarang minum, maka semakin sedikit cadangan cairan dalam tubuh yang dapat membantu melarutkan kandungan garam pada darah. Artinya, darah akan mengandung banyak garam.

Tingginya kandungan garam ini membuat darah kita menjadi semakin kental. Akibatnya, volume darah secara keseluruhan akan berkurang.

Karena volume darah menurun, ketika jantung memompa darah segar selanjutnya, jumlah yang disalurkan pun tidak sebanyak normalnya. Jantung kemudian akan bekerja lebih keras lagi untuk  menutupi kekurangan tersebut. Itu sebabnya dehidrasi seringkali ditandai dengan jantung yang berdebar kencang.

Dalam jangka panjang, jantung yang perlu terus-terusan bekerja ekstra keras bisa mengalami banyak gangguan. Penelitian Harvard University menyebutkan bahwa darah kental meningkatkan resiko penyakit jantung koroner, stroke, dan masalah jantung lainnya.

Dalam penelitian lain diketahui bahwa orang-orang yang memiliki darah kental berpeluang lebih tinggi untuk mengalami penyakit kardiovaskular.

Berdasarkan penelitian, pria yang rajin minum air putih lebih dari 5 gelas per hari memiliki penurunan resiko penyakit jantung daripada pria yang jarang minum air putih (2 gelas perhari, bahkan kurang).

Secara umum, cukup minum air putih setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung sebesar 54% pada pria dan 41% pada wanita.

Berapa banyak air putih yang kita butuhkan setiap hari?

Pedoman umumnya adalah sekitar 8 gelas per hari, tapi standar ini bisa dikurangi atau diperbanyak sesuai dengan kondisi masing-masing orang. Semakin aktif beraktivitas, asupan air putih harus lebih banyak.

Tetapi jumlah ini juga harus mempertimbangkan sumber cairan lainnya, seperti jus buah, makanan berkuah, atau buah dan sayuran segar. Jika kita bisa memenuhi kebutuhan carian dari sumber air yang sehat selain air putih, maka porsi air putih bisa dikurangi.

Banyak minum air putih dapat membantu mencegah penyakit jantung, tetapi kita masih harus melakukan beberapa hal lainnya untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain :

  • Konsumsi makanan yang sehat bagi jantung, seperti buah-buahan, sayuran, gandum utuh.
  • Bila ingin mengkonsumsi susu atau keju, pilihlah yang rendah lemak.
  • Berhentilah merokok dan rajinlah melakukan olahraga.
  • Jagalah tekanan darah, karena hipertensi merupakan salah satu faktor pencetus terjadinya penyakit jantung.

  • (UM)

    No comments:

    Post a Comment