Tuesday, April 3, 2018

Tips Menghilangkan Ketombe dan Kulit Kepala Kering


Health - Banyak sekali produk-produk shampo anti ketombe yang terjual di supermarket maupun pasar. Namun, banyak juga produk-produk shampo anti ketombe memberikan hasil yang tidak memuaskan untuk penggunanya, apabila shampo tersebut tidak cocok maka semakin banyak pula ketombe maupun kulit kepala yang tertinggal.

Apa itu ketombe?

Ketombe merupakan kulit dibagian kepala yang telah mati dan mengering. Disaat kulit dibagian kepala mati dan mulai mengering, maka akan menyebabkan kepala terasa sangat gatal dan membuat kita sering kali menggaruk kepala. Selain menyebabkan kepala terasa gatal, ketombe juga akan merusak jaringan kesehatan rambut dan membuat rambut mudah rontok.

Apa penyebab ketombe?

Salah satu penyebab ketombe adalah dimana kita menggunakan shampo yang tidak cocok. Pernahkan anda menggunakan sebuah produk shampo anti ketombe, lalu membuat kulit kepala anda terasa panas? Selain itu, ketombe juga dapat muncul jika kita tidak membersihkan sisa shampo yang kita gunakan. Maka disaat mencuci rambut, dianjurkan untuk membersihkan rambut sebersih mungkin agar tidak ada sisa shampo yang tertinggal di kulit kepala.

Tips Menghilangkan Ketombe dan Kulit Kepala Kering

1. Minyak Zaitun


Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe dan kulit kepala kering. Cara menggunakan minyak zaitun sangatlah mudah, oleskan sedikit minyak zaitun dibagian kepala sampai mengenai kulit kepala. Setelah itu, berikan sedikit pijatan yang lembut agar minyak zaitun mudah meresap ke kulit. Biarkan selama 30 menit, setelah itu cuci rambut hingga bersih.

2. Lidah Buaya


Lidah buaya telah terbukti dapat menyehatkan rambut, kulit kepala dan menghilangkan ketombe membandel. Haluskan daging dari lidah buaya, setelah dihaluskan oleskan secara merata dibagian kepala, usahakan mengenai kulit kepala, berikan pijatan lembut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

3. Lemon


Buah yang rasanya mirip dengan jeruk nipis ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe dan kulit kepala yang kering. Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan ketombe sangatlah mudah. Peras beberapa buah lemon, gunakan air perasan lemon untuk membasuh kepala. Jangan lupa, saat membasuh menggunakan perasan air lemon pastikan menggenai kulit kepala.

4. Garam


Untuk cara yang satu ini tidaklah sulit, anda hanya cukup membasahi kepala terlebih dahulu. Setelah itu, taburkan garam dan pijat dengan lembut agar garam menyerap dengan baik. Kegunaan garam dapat mengangkat sel kulit mati yang ada di kulit kepala. Kemudian bersihkan kepala dengan menggunakan shampo yang cocok untuk kulit kepala anda.

5. Minyak Kemiri


Pada zamannya minyak kemiri memang telah terbukti dapat mengatasi kesehatan rambut. Minyak kemiri merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu pertumbuhan rambut dengan baik, minyak kemiri juga dapat mengatasi ketombe, kulit kepala kering dan rambut rontok.

Demikian ringkasan yang dapat kami bagikan, semoga ringkasan Tips Menghilangkan Ketombe dan Kulit Kepala Kering dapat membantu dalam mengatasi masalah ketombe membandel yang anda alami. Terima Kasih.

(NH)

No comments:

Post a Comment