Friday, April 20, 2018

Kartini "Habis Gelap Terbitlah Terang"



ConterPedia -
Hari Kartini selalu di peringati setiap tanggal 21 April untuk mengenang sosok pahlawan bagi wanita dengan perjuangannya membela pendidikan yang sejajar dengan kaum pria pribumi serta hak yang sama dengan kaum pria. Beliaulah sosok emansipasi wanita Indonesia, dan sampai sekarang dikenang sebagai pahlawan nasional.

Di masanya wanita berada di kasta yang berbeda dengan pria dan tidak memiliki kesempatan untuk mencicip pendidikan. Tetapi beliau berani mengutarakan pendapatnya untuk mensejajarkan kedudukan dan hak wanita dengan kaum pria di Indonesia. Berkatnya pula sekarang ini wanita di Indonesia bisa berkiprah di berbagai bidang dan menjadi sosok yang tangguh, bahkan ada yang bisa menjadi pemimpin negara.

Karena perjuangannya tersebutlah sosok Kartini dijadikan inspirasi oleh perempuan di Indonesia dan untuk itu hari kelahirannya di jadikan hari untuk memperingati perjuangannya tersebut yang sampai sekarang kita kenal sebagai Hari Kartini.

Kartini sering menulis surat yang di kirimkannya kepada teman-temannya di Eropa pada saat dia memperjuangkan hak wanita pada zamannya tersebut dan kemudian setelah beliau wafat, surat tersebut dikumpulkan dan di buatkan menjadi buku oleh Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda, Mr. J.H. Abendanon, dan diberi judul Door Duisternis tot Licht atau dibahasa Indonesianya Dari Kegelapan Menuju Cahaya.

Setelah itu di tahun 1922, buku tersebut dicetak dan diterjemahkan oleh Empat Saudara dalam bahasa Melayu dan diberi judul Habis Gelap Terbitlah Terang.

(CC)

No comments:

Post a Comment