Saturday, April 7, 2018

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan


Health - Anda pernah mendengar kalimat "kecil-kecil cabe rawit", sebutan ini sangat cocok untuk buah kelengkeng. Maupun memiliki ukuran yang kecil, buah yang satu ini memiliki banyak manfaat dan mengandung banyak vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Buah kelengkeng atau yang memiliki nama latin (Dimocarpus longan), yang masih bersaudara dengan leci ini ternyata buah mungil ini berasal dari China dan menyebar ke seluruh dunia. Pada saat ini negara Gajah Putih (Thailand) merupakan salah satu negara terbesar yang membudidayakan buah kelengkeng ini. Negara Indonesia juga membudidayakan buah kelengkeng, namun jumlah pembudidayaan tidak begitu besar.

Untuk menemukan buah yang satu ini tidaklah sulit, buah kelengkeng ini dapat anda temukan di toko buah maupun pasar.

Baca juga: Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan:

1. Memperlambat Penuaan Dini


Penuaan meruapakan momok bagi setiap manusia, terutama wanita yang ingin tampil cantik kapan saja. Untuk membantu memperlambat penuaan dini, dianjurkan mengkonsumsi buah kelengkeng. Mengapa harus buah kelengkeng? Buah kelengkeng mengandung zat anti-aging, yang dapat membantu meminimalkan pengelupasan kulit, retakan pada wajah dan sekaligus memperbaiki warna kulit.

2. Membantu Mencegah Osteoporosis


Selain mengkonsumsi vitamin tablet untuk menjaga kesehatan tulang, anda juga dapat mengkonsumsi buah kelengkeng. Kandungan kalsium yang dimiliki buah kelengkeng sangat berlimpah. Mengkonsumsi buah kelengkeng secara teratur dapat membantu menguatkan tulang dan dapat menghindari anda dari Osteoporosis.

3. Membantu Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke


Anda salah satu dari penderita penyakit jantung dan stroke? Konsumsilah buah kelengkeng, karena kelengkeng dapat membantu kinerja jantung untuk memompa darah lebih lancar. Selain itu, zat yang terkandung dalam buah kelengkeng juga dapat menjaga sistem saraf agar tetap sehat.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan


Buah kelengkeng sangat rendah akan lemak dan kalori, bagi anda yang ingin menurunkan berat badan dan lemak pada tubuh, buah kelengkeng sangat cocok. Karbohodrat yang terkandung dalam kelengkeng dapat menambah staminan dan membuat anda mudah kenyang.

5. Sumber Vitamin C


Selain buah jeruk yang kaya akan vitamin C, buah kelengkeng juga tidak kalah akan sumber vitamin C. Bagi ada yang sedang terserang flu, konsumsilah buah kelengkeng sekarang juga. Kelengkeng dapat membantu memperbaiki mekanisme pertahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Demikian ringkasan Menfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, semoga ringkasan ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai buah mungil ini. Terima Kasih.

(NH)

No comments:

Post a Comment