Monday, April 9, 2018

Psti Kalian Berfikir Apa Yang Anda Di Balik Tempurung Kura-Kura

Hewan kura-kura telah ada pada pelanet bumi sejak sekitar 260 juta tahun lalu, tak ada hewan lain yang mempunyai tempurung yang tumbuh di punggungnya seperti hewan kura-kura ini.

kita pasti perna bertanya-tanya apa isi dalam tempurung kura-kura dan mengapa hewan kura-kura tidak  bisa keluar dari tempurungnya, di karenakan tempurung kura-kura adalah bagian dari struktur tulang yang sangat keras dan kaku.

Tapi, banyak orang yang mengira bahwa di dalam tempurung kura-kura adalah kumpulan daging dan lemak yang membuat kura-kura begitu lambat dalam berjalan. Sebenarnya, organ-organ tubuh kura-kura  tersusun dengan rapi di dalam rongga besar tersebut,seperti yang pada gambar di bawa ini.


Tempurung kura-kura ini terdiri dari dua bagian dan memiliki struktur yang kompleks. Bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah (ventral, perut) disebut plastron. Karapas dan plastron tersambung pada sisi-sisi kura-kura oleh strukur tulang yang disebut bridges. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras yang tersusun seperti genting, sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang tersusun rapat seperti tempurung. (RK)

No comments:

Post a Comment